Trip Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Agustus 2013 ~

Gue punya cerita lawas yang pengen gue ceritain sama kalian. Gue baru pengin ceritain ini. Mungkin konyol dan sangat konyol kali yaa.
Ketika itu, gue masih semester 2 awal-awal kuliah gitu. Ini trip kedua gue pergi ke gunung, gue diajak kakak tingkat gue naik-naik ke puncak gunung kaya lagu gitu. Tujuannya adalah puncak Gunung Semeru (Mahameru 3676 MdpL). Gue pergi bersepuluh naik tut tut gojez gojez alias kereta apii tut tut tut. 14 Agustus 2013 kaki ini melangkah dari Semarang kota Atlas menuju kota Malang di Jawa Timur.

Tiket kereta pertamku :D

dari kiri ke kanan (Emma, Mbak Indah, Afifah, Fita{gue})

Awal kisah pas nunggu keretaa, gilaaa kita nunggu kereta berjam-jam sampe jamuran deh, kita sampe tidur-tidur di stasiun. 3 jam lebih kita nunggu.. Akhirnya kereta tibaa "tut tut gojez gojez" jam 02.30 WIB kereta itu tiba di stasiun Poncol, langsung deh bergegas nyari gerbong dan tempat kita kan duduk tuk menikmati perjalanan panjang menuju kota sebelah. Ini pertama kalinya gue naik kereta, sebelum-sebelumnya belom pernah gue naik kereta. Yaa walaupun sedikit jaduul tapi gapapa lah, akhirnya gue naik kereta juga ini. Pengalaman baru gue nih, haha :D
Emma (jilbab hitam), otomtis gue yng satunya

Eh pas di kereta tetiba gue pengin pipis, awalnya gue bingung gimana cara pipisnya. Eh ada toilet ternyata, segera deh gue pergi ke toilet sama Emma. Ketika gue ke toilet ternyata gue kedatangan tamu bulanan. Duuh tak sesuai perkiraan ini, gue pergi ke gunung bersama tamu bulanan deh :( nggak nyamaan sih tapi mau gimanaa lagi, ini udah diperjalanan. Langkah awal gue tuk menikmati perjalanan panjang seminggu ke depan. Mau nggak mau yaa gue harus pergi bersama tamu bulanan gue -_-

Akhirnya gue dan temen-temen gue tiba di Malang, di stasiun Malang Baru terus kita naik angkot buat ke pasar Tumpang. Sampenya di tumpang terus kita reberes-beres dulu deh. Beli sayur, beli makan, bersih diri dan lain-lain sampe nungging-nungging yang masih bisa dilakuin sebelum naik ke basecamp Taman Nasional Bromo Tengger Semeru "TNBTS".
suasana di truck

Setelah semua beres dan mobil (dibaca truck) telah siap, kita bergegas menaikkan barang-barang dan siap tuk melangkah melanjutkan perjalanan ini. Ketika di dalam truck kita menemukan teman baru, mereka adalah rombongan dari Jakarta, mereka juga bersepuluh. Yaa kita mempunyai teman baru diperjalanan ini.
diperjalanan kita menikmati perjalanan dan poto-poto diatas truck sambil terombang-ambing dengan jalan yang dapat mengebor kaya inul kalo nyanyi =))

Tibalah kita di Ranu Pane, dan entah karena masalah apa perut ini bergejolak..Yaa gue diare alias mencret-mencret gitu, gilaaa ini perjalanan kedua gue tapi kok udah ribet gini yah,. Gue udah di ikutin tamu bulanan gue sejak di kereta, eh ini malah gue diare di gunung. Duuh bener-bener deh.. Gue udah berbekal berbagai macam obat diare, dari yang dosis rendah sampe tinggi, tapi nggak ada yang mempan,, gilaaa :( Mau gimana lagi, udah kepalang nanggung, gue tetep ikut ngetrip buat sampai kepuncak Mahameru 3676 MdpL.
Basecamp Ranu Pane - gue jilbab abu, jaket merah
dari kiri ke kanan (Mas John, Ery, Mbak Adda, Emma, Afifah, Gue, Mbak Imas, Mas Hakim )

Setelah ngecamp semalam di Ranu Pane, kita ngelanjutin trip ke Ranu Kumbolo men. Gue happy happy aja walaupun badan gue sedikit mriyang gini, gue tetep nikmatin trip ini men :) Lanjutt camp 2 kita adalah di Ranu Kumbolo, disitu tuh dingin bangeett men.. Tapi gue bisa mengatasinya, gue nggak mules-mules disitu, yaa walaupun perutnya ngajak dangdutan, tapi masih bisa dikompromi gituu.. Pemandangan disitu tuh keren abiisss, tepat 17 Agustus 2013 kita berada di Ranu Kumbolo. Upacara 17 Agustus pun dilaksanain disitu, kita mengikuti upacara dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di Ranu Kumbolo. Soalnya pas itu tuh kita nggak boleh naik ke puncak, katanya sih ditutup gitu habis badai.. Upacara di depan danau Ranu Kumboloo dan itu ramee bangeeetttssss..
Camp Ranu Kumbolo (rame bangettss)
Upacara 17 agustus 2013 at Ranu Kumbolo

Siangnya lanjut deh perjalanan ke Kali mati, dengan badan gue yang rasanya nggak karuan gue tetep nekad dan maksain diri gue buat melakukan trip lagi. Pas dari Ranu Kumbolo ke Kali Mati, di jalan dan tak tertahankaan, ternyata kali ini tak sesuai perkiraan. Kirain obat yang gue minum udah manjur eh nyatanyaa waaah itu gue sampe keringet dingiin nahan bokeerr kawaaan.. Gilaa nggak ketulungan itu, gue sampe lari-lari gimana caraanya gue cepet nyampe Kali Mati, ini perut udah nggak bisa diajak kompromi. Yaaa alhasil keringet gue ngucurr kaya abis macul di sawaah. badan gue ngerasain keringet dingin deeh. Udah deh pokoknya itu rasanyaa nggak enak bangeettttt dan nggak karuaaan :'(

Setibanya di Kali Mati, gue langsung nyari deh itu toilet (dibaca semak-semak), yaa mana ada toilet di gunung, mimpii kali yeeee.. Akhirnya gue nemuin semak-semak itu, nggak peduli deh, dan alhasil gue bokeer di Kali Mati samaa Mbak Indah, terus Afifah nemenin kita berdua gitu. Kalo nggak diare mah nggak bakalan bisa gue bokeer di gunung. Gue kan anaknya nggak nyamanan kalo nggak dirumah sendiri, tapi ini kepepet dan terdesak amat sangat sekaleee, jadi gue bisa bokeer di semak-semak. Ini pengalaman pertama gue boker nggak di toilet gitu -_-.. Lega banget rasanya gue bisa bokeerr setelaah nahaan sampe keringetan kaya kuli bangunan yang habis kerja rodi.. Hebat kan gue bisa nahan boker berjam-jam padahal gue lagi diare dan sampe keringet dingin gituu. Cerita gue beloom kelar sampe disini. Gue udah minum obat berkali-kali dan obat itu nggak ada yang mempaan meen.. Gilaa aja berbagai obat gue minum tapi nggak ada yang bisa ngobati diare gue -_- Rasanya tuh badan gue lemes banget kaya pohon yang udah hampir tumbang. Malemnya di Kali Mati itu dingin banget men, suhu disitu tuh nyampe -1 derajat Celcius. Dan gue masih bisa bertahan dengan badan gue ini.
at Jambangan (sebelum Kali Mati)

Lanjut sekitar jam 00.01 18 Januari 2013 kita ngelanjutin trip buat ke puncak Mahameru 3676 MdpL. Ternyata harapan itu pupus men, langkah ini cuma bisa sampe Arcopodo naik dikit, sebelum pasir-pasir langkah ini terhenti dan kita putuskan tuk cukupkan trip ini. Dingiin, antree, capee, Lapeer dan Hauuss.. Alhasil kita kembali turun dengan kekecewaan yang tak sampai ke puncak 3676 MdpL. Yaa mau gimana lagi, kita nggak mau egois satu sama lain. Jadi stop satu stop semua, dan kita putuskan tuk berhenti di suatu titik tuh melihat sunrise. Namun perkiraan salah dan kurang tepat, matahari kan terbit dari timur. Eeh ini malah kita nunggu matahari di barat -_- ampuun deh, perasaan udah ada yang baca kompas tapi masih aja salah. Sia-sia nunggu sunrise yang pastinya nggak bakalan ada laah, orang salah liyat gituu -_- Padahal disitu kita udah jugijagijug dangdutan kedinginan, hahaa =))
Terus kita putuskan turun ke Kali Mati, disini kita nggak ngecamp lagi, lanjut kita turun ke Ranu Kumbolo. Kita ngecamp lagi di Ranu Kumbolo.
Ranu kumbolo (belakang itu tanjakan cinta)

Keesokan harinya kita lanjut trip lagi tuk turun ke Ranu Pane. Kita turun dari Ranu Kumbolo berdua puluh bersama rombongan yang dari Jakarta itu. Kita nggak lewat jalur normal biasaa, tapi kita lewat jalur Ayak-ayak, katanya sih lewat situ lebih dekeet tapi nyatanyaa, waaaah malah lebih ekstriim meen -_- .. Jalannya naik turun gilaa deh pokoknyaa, lebih juh pulaa menurut gue. Bukannya lebih cepet tapi malah lebih jauuh booo -_-
Kita berduapuluh itu terpisah menjadi 4 club gituu, di tengah perjalanan kita terpisah. Alhasil 4 rombongan ini berjalan masing-masing dan punya cerita aneh masing-masing. Sebelum kepisah Bang Irfan sempet bilang "Ayook cepet-cepet jalannya keburu maghrib nih, jangan sampe kita maghrib dijalan". tapi apa mau dikata, dengan jalan yang amat sangat menantang ini bukannya jalannya tambah cepet tapi malah tambah lelet,, menguras tenaga deh pokonyaa..

Alhasil ya itu tadi, kita terpisah menjadi beberapa kubu (dibaca club). Di setiap kubu mereka mempunyai cerita ekstrem masing-masing. Kubu gue ya itu awalnya sih cepet-cepet jalannya eh ketabrak maghrib deh akhirnya. Pas udah maghrib Bang Irfan tuh beda lagi ngomongnya "Udah Dek, jalannya nggak usah cepet-cepet, pelan-pelan aja". Tuh kan beda banget sama yang tadi, dia tadi tuh ngotot buat kita buru-buru. Eh sekarang kebalikannya deh.. Di sepanjang jalan tuh gue sama Afifah disuruh berhenti terus, entah lah mau cari senter, mau minum, mau ambil ini itu dan lain-lain. Pokoknya ada aja alasan Bang Irfan nyuruh kita buat berhenti. Secara gue sama Afifah lagi dibuntutin tamu bulanan juga. Eh nggak taunya kita juga dibuntutin tamu yang lain. Gue juga ngerasain ada hal aneh tapi gue tetep aja jalan, walau gue sering berhenti gitu,, soalnya gue ngerasain banyak banget persimpangan dihadapan gue dan ternyata itu tuh nggak ada. Dan Bang Irfan spontan langsung ngomong "Luruus" ketika gue berhenti kerap kali. Bang Irfan tuh tau kita dibuntutin makanya dia kerap kali nyuruh kita buat berhenti, ternyata tuh botol minum yang dibawa Afifah hampir diambil buntut yang mbuntutin kita. Tapi Bang Irfan buru-buru ngerampas duluan dari tangan Afifah. Kita tau cerita ini pas kita udah sampe basecamp Ranu Pane. Cerita belom kelar sampe disini, sebelum sampe Ranu Pane kita masih nyasar-nyasar kemana-mana. Lega deh rasanya ada rame-rame dan kita nemuin tukang Bakso. Makan bakso dulu deh akhirnya, ditraktir Bang Irfan. Padahal gue nggak mau tapi tetep aja dipaksa gitu. Ini perut kan masih dangdutan dan belom sembuh-sembuh juga -_-

Udah kelar makan kita masih belom sampe tuh di Ranu Pane, masih nyasar-nyasar pulaa. Udah sekitar jam 8an malem tuh padahal. Perjalanan turun ini tuh bener-bener serasaa lama bangeet deh pokoknya. Tak disangka dan diduga perut ini bener-bener dangdutan dan nggak bisa kompromi gitu, hampir sampai Ranu Pane sih setelah nemuin rumah warga dan nanya-nanya ke warga sekitaar. Gue jalan sambil nahan pengen bokeer yang nggak ketulungan, dan ditinggal sama Bang Irfan dan Bang Jacky. Just Afifah yang tetep setia nemenin gue jalan dibelakang. Gue pun udah keringet dingin dan nggak bisa nahan lagi deh ini perut yang lagi dangdutan dan "Preeeetttt" gue pun kentut, karena gue lagi diare yaa itu kentut bukaan kentut biasaaa. Gue boker di celana meen, ini konyool dan malu-maluin abiiisss -_- Bau pluuss risih deh ini rasanya. Waaah pokoknya nggak karuan. Untungnya gue pake popok, gegara lagi ada tamuu, jadi nggak langsung ke celana deh -_- Satu-satunya orang yang liyat kejadian ini itu tuh Afifah, dia sampe teriak-teriak "Chong, bauuu.. Diih Chong jorookk".. "Ampuun deh Peh, ini udah nggak sanggup nahaaan.. Peh, ambilin tas gue cepeet, udah risih gila ini.. aaaaakkk". Gilaaa itu adalah hal paling memalukan yang gue alami selama ini setelah gue lulus TK. Terakhir boker dicelana itu pas sebelum TK kali yaa, soalnya dulu gue nggak pernah ngelakuin hal buruk ini. Dan sekarang gue udah gede malah dilakuin lagi -_- Rasanya gue pengen nangis pengen teriaak. tapi duuh maluu rasanyaa :'( ..

Lama nian pula gue nungguin Afifah ngambilin tas gue, setengah jam kali gue nungguin -_-. Dia tuh malah ngobrol dulu, nggak tau kali yaa muka gue udah jelek, kusutt gitu butuh disetrikaa.. Gue nunggu sampe nungging-nungging dan nggak berani deket-deket orang, takutnya mereka bau pas deket-deket gue, aaak jadi ngerasa terkucilkan ginii -_- Akhirnya Afifah pun tiba di muka gue awa ransel gue. Yaa langsung deh kita cari toilet dan Afifah pun gue suruh nungguin gue kelar beres-beres semuanya. Dan diaree gue pun sembuh ketika gue sampe di Semarang -_-
Bersama rombongan Jakarta ~

Yaaa ini lah pengalaman trip gue di gunung yang tak terlupakaan.. Bener-bener konyol dan aneh bin ajaib deh .. I hope next experience will be most interest ~